Sejarah Klub Sepak Bola

All About Footbal Club

Sejarah Klub Sepak Bola Manchester United

Manchester United adalah klub terbaik di dunia, sejarah klub terkaya di dunia ini dimulai dengan nama klub Newton Heath L & YR FC pada tahun 1878, yang pemainnya berisikan team kerja untuk Lancashire dan Yorkshire Railway Depot di Newton Health.


Mereka bermain di lapangan kecil yang tidak bagus di daerah North Road, lokasinya dekat dengan stasiun kereta api Manchester Piccadilly. Tempat tersebut menjadi markas tim MU selama lima belas tahun, dan kemudian pada 1983 mereka pindah untuk bermain di Bank Street di kota Clayton. Pada tahun 1902 tanah ini ditutup ketika Manchester United hampir dikeluarkan dari liga sepak bola karena utang dua ribu lima ratus pound, tapi untungnya sebelum klub ditutup mereka menerima investasi besar dari JHDavies, direktur pelaksana Pabrik-pabrik Manchester.


Penandatanganan kontrak pertama Manchester United adalah Charlie Roberts dari Grimsby Town seharga £ 750 pada April 1904, mereka percaya bahwa penandatanganan ini membantu Manchester United berada pada posisi ketiga di musim berikutnya. Pada musim 1905-1906, Manchester United akhirnya berhasil promosi ke Divisi Pertama, di mana dua musim kemudian mereka berhasil sebagai juara untuk pertama kalinya.


Pada 19 Februari, Manchester United memainkan pertandingan pertama mereka di stadion Old Trafford yang masih berdiri dan menjadi markas klub hingga sekarang, pertandingan pertama mereka terlihat mudah, mengalahkan Liverpool 3-0 pada babak pertama namun berakhir dengan kekalahan 4-3, mereka melanjutkan musim tersebut dengan sangat buruk, dan dalam sepuluh tahun berikutnya klub MU mulai menurun peringkatnya sampai tahun 1922 ketika mereka terdegradasi kembali ke Divisi Dua.
Tiga musim sebelum perang dunia kedua, Manchester United berhasil promosi kemudian degradasi tetapi berhasil promosi sekali lagi dan berhasil memberi mereka tempat di divisi satu setelah perang dunia kedua berakhir.


Pada musim 1956-57, Manchester United berhasil menjadikan musim pertama untuk bersaing di Piala Eropa, dan dalam kompetisi inilah Manchester United mencatat kemenangan terbesar mereka hingga saat ini, mengalahkan tim Belgia 10-0 sebelum dikalahkan di semi final oleh Real Madrid dari Spanyol.


Tragedi menghantam musim berikutnya saat kecelakaan pesawat menewaskan 8 pemain Manchester United dalam perjalanan ke Jerman untuk pertandingan Eropa. Liam Whelan, David Pegg, Geoff Bent, Roger Byrne, Duncan Edwards, Mark Jones, Eddie Colman dan Tommy Taylor dan di mana para pemain tewas seketika pada kejadian tersebut, para pemain ini tidak akan pernah terlupakan sampai sekarang sebagai salah satu team terhebat yang pernah ada.


Pada awal tahun 70-an, Manchester United mengubah logo lama menjadi logo baru yang kita kenal hingga saat ini. Segera setelah itu, pada tahun 1986, MU merekrut pelatih terbaru yaitu Sir Alex Ferguson yang hingga sekarang menjadi prlatih dan manager tersukses di Manchester United.


Sir Alex Ferguson berhasil membawa kesuksesan di Manchester United sampai tahun 1998 di mana timnya menjalankan musim terbaik dalam sejarah Sepak Bola Inggris, menyelesaikan treble winner yaitu Liga Premier, Piala FA dan Liga Champions.
Manchester United tampak luar biasa sampai musim 2006-2007 ketika mereka memenangkan Liga Premier, dengan pemain muda andalan mereka dari yaitu Rooney dan Ronaldo untuk memimpin di musim depan saat Manchester United berhasil memenangkan Liga Premier dan Liga Champions.


Setelah era Ferguson berakhir, manager baru masuk mulai dari Moyes, Van Gaal hingga saat ini dimusim 2018/2019 dipimpin oleh Jose Maurinho. Namun setelah era Ferguson, MU banyak mengalami kesulitan untuk bersaing menjadi juara Liga Inggris.